Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING COMPREHENSION of NARRATIVE TEXT BY COMBINING FIX – UP and GET THE GIST (Generating Interactions between Schemata and Text) STRATEGY for IX Grade at JUNIOR HIGH SCHOOL

Ramadani, Yovi (Unknown)
Yani, Titik Hardewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK            Membaca adalah salah satu cara untuk memperoleh informasi dan juga ilmu, baik yang terkandung di dalam media cetak seperti buku, surat kabar, majalah, dan juga web. Untuk itu, siswa haruslah lebih meningkatkan pemahaman mereka dalam membaca berbagai jenis teks. Apalagi saat sekarang ini, kurikulum yang dipakai khususnya tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) menggunakan pendekatan berbasis teks, salah satunya seperti Narrative teks. Namun, sebagaimana yang telah kita ketahui, banyak kita temukan siswa yang merasa kesulitan dalam memahami teks yang mereka baca, sehingga mereka tidak dapat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi teks. Hal ini dibuktikan ketika penulis melaksanakan praktek mengajar disalah satu sekolah di kota Padang, diantaranya masalah yang ditemukan adalah kesulitan siswa dalam memahami isi bacaan karena sedikitnya kosakata yang siswa miliki, akibatnya kelas akan menjadi ribut, karena mereka bertanya satu sama lain. Di sisi lain, siswa juga merasa kesulitan dalam membuat ringkasan dari teks yang mereka baca dengan bahasa mereka sendiri. Dan terakhir, penulis juga menemukan rendahnya motivasi siswa dalam membaca dan memahami teks, akibatnya banyak siswa yang tidak bersemangat sehingga menyebabkan mereka melakukan aktifitas, selain belajar bahasa Inggris.            Fix-Up strategy adalah strategi yang dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca teks, dan juga dapat membantu siswa ketika mengalami kesulitan atau kebingungan dalam memahami isi teks. Dan Get the gist strategy adalah strategi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca teks, selain itu dapat juga membantu siswa dalam membuat kesimpulan dari teks yang mereka baca dengan menggunakan bahasa mereka sendiri, sehingga memudahkan mereka dalam memahami teks. Didalam makalah ini, penulis melakukan gabungan antara 2 strategi yaitu, Fix-Up dan Get the Gist strategi. Tujuannya agar siswa dapat lebih meningkatkan pemahaman membaca dan juga motivasasi siswa. Penulis berharap makalah ini dapat berguna bagi para guru bahasa inggris sebagai salah satu alternatif yang diterapkan dalam pengajaran membaca teks bahasa inggris.

Copyrights © 2013