Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING THROUGH FICTION FURROW READER STRATEGY TO THE SECOND GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL

Nuryamin, Wiwin (Unknown)
Octavia, Shanty (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK             Reading merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa dalam belajar bahasa Inggris disamping kemampuan Listening, Writing dan Speaking. Tujuan pengajaran Reading tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca akan tetapi juga untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan paragraf utama dan kalimat utama dari suatu bacaan yang dibaca.             Agar tujuan tercapai seorang guru bahasa Inggris harus dapat memilih strategi  yang tepat dalam pengajaran Reading. “Fiction Furrow Reader Strategy” adalah salah satu strategi baru yang bisa digunakan dalam pengajaran Reading. Dalam penggunaan strategi ini guru mengawali dengan memperlihatkan beberapa gambar untuk menggali pendapat siswa berkaitan dengan bacaan yang akan dibaca. Dengan demikian guru bisa mengukur sejauh mana siswa mengetahui tentang teks yang akan dibaca. Disamping itu dengan menggali pengetahuan awal siswa juga akan membuat siswa lebih aktif untuk terlibat dalam pembelajaran Reading.  Selanjutnya siswa disuruh membaca beberapa menit, kemudian guru menanyakan kepada siswa kesulitan apa yamg mereka temukan pada bacaan tersebut. Kemudian guru membagi siswa dalam kerja kelompok sehingga siswa yang lebih tahu bisa membantu siswa yang kurang tahu. Sehingga siswa bisa mengidentifikasikan teks yang dibaca, termasuk didalamnya tokoh, tempat kejadian, dll. Dan siswa diajak ikut aktif  memecahkan permasalahan dalam teks bacaan. Dengan demikian siswa merasa terlibat dalm bacaan tersebut. Dan akhirnya guru dan siswa  berdiskusi dan menarik kesimpulan bersama.                       Secara garis besar dapat disimpulkan strategi ini menarik dan bermanfaat bagi siswa. 

Copyrights © 2013