Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING SPEAKING BY USING INSTRUCTIONAL CONVERSATION STRATEGY FOR TENTH GRADE STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL

Ramadhanti, Ayu (Unknown)
Riza, Armilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK             Bahasa Inggris adalah merupakan subjek yang harus dipelajari di Indonesia sejak sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Walaupun bahasa Inggris telah dipelajari bertahun-tahun, tapi  siswa masih memiliki kesulitan khususnya speaking. Hal ini disebabkan karena siswa kekurangan kosa kata, kurang praktek dalam kelas, dan kurangnya percaya diri. Tujuan pembelajaran speaking adalah menjadikan siswa mampu mengekspresikan ide-ide mereka secara lisan dan supaya mereka mampu untuk berkomunikasi dengan baik. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan speaking dengan menggunakan strategy yaitu instructional conversation strategy. Instructional conversation strategy adalah salah satu strategi untuk mengembangkan kemampuan speaking. Strategi ini merupakan strategi yang tepat untuk membantu para siswa mengungkapkan ide dan pemikiranya serta bagaimana mereka memberikan opini tentang topik tersebut. semua siswa harus terlibat aktif untuk berbicara di dalam berbentuk diskusi selama proses pembelajaran berlangsung. Dalam mengunakan instructional conversation strategy, siswa akan lebih termotivasi untuk berbicara dan senang dalam pembelajaran, kemudian dari proses tersebut diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan bicara siswa.

Copyrights © 2013