ABSTRAK Menulis merupakan salah satu skill dalam pembelajaran bahasa Inggis yang harus dikuasai siswa selain mendengar, membaca, dan berbicara. Dengan menulis, siswa dapat mengeluarkan ide-ide, pikiran, pendapat dan berbagi pengalaman mereka kepada orang lain dalam bentuk tulisan. Salah satu kesulitan yang mereka hadapi adalah siswa sulit menyusun ide-ide mereka menjadi sebuah paragraph dan mereka tidak tahu dimana mereka harus memulai menulis idenya. Hal ini membuat siswa bosan dan tidak bersemangat dalam menulis.           Oleh sebab itu, guru harus meningkatkan motivasi dan semangat siswa dalam menulis dengan bahasa Inggris yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi dan media yang menarik. Penulis mencoba menerapkan salah satu strategi menulis yaitu Shared Pen Strategy. Melalui strategi ini, pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya kemampuan menulis siswa diberikan kesempatan untuk mengeluarkan ide-ide yang berhubungan dengan topik dan mengembangkannya ke dalam bentuk tulisan dengan mudah serta memperhatikan berbagai aspek yang terdapat dalam tata cara menulis. Dengan menggunakan strategi ini, diharapkan siswa dalam pelajaran menulis akan lebih mudah untuk mengekspresikan hasil pemikiran mereka kedalam tulisan.  Â
Copyrights © 2013