ABSTRAK Dalam proses belajar mengajar banyak cara pengajaran yang dapat digunakan untuk membantu siswa memahami pelajaran dan memudahkan proses belajar mengajar. Dalam proses belajar Bahasa Inggris yang dialami penulis dan juga yang sering penulis lihat dalam keseharian, banyak siswa yang menghadapi kesulitan dalam memahami teks dalam suatu bacaan, khususnya narrative text. Penulisan makalah ini bertujuan untuk membahas penggunaan Read, Cover, Remember, Retell strategy and Three Two One strategy dalam pengajaran membaca text naratif untuk SMA. Strategy ini dibahas untuk lebih memotivasi siswa dalam belajar Bahasa Inggris. Penggunaan Combining Read, Cover, Remember, Retell strategy and Three Two One strategy dalam pengajaran bahasa inggris dibagi menjadi 3 tahapan: 1. Pre-teaching, kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan latar belakang pengetahuan siswa serta persiapan mereka untuk masuk pada materi yang baru. 2. Whilst-teaching, dalam tahapan ini siswa diarahkan untuk terlibat langsung dalam pembahasan materi. 3. Post-teaching, siswa dan guru menyimpulkan informasi yang diperoleh dalam kegiatan Whilst-teaching. Berdasarkan hasil diskusi serta penerapannya. Combining Read, Cover, Remember, Retell Strategy and The 3-2-1 Strategy dapat menjadi alternatif bagi guru untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa inggris, khususnya membaca serta dapat membuat mereka berpikir lebih aktif dan kritis dalam memahami text.
Copyrights © 2013