ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mahasiswa menulis paragraf dengan menggunakan dan mengaplikasikan unity dan coherence di dalam paragraf. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan populasinya adalah mahasiswa jurusan bahasa Inggris di STKIP PGRI SUMBAR tahun akademik 2012/2013. Sedangkan yang menjadi sample adalah mahasiswa bahasa Inggris tahun kedua dalam tahun akademik 2012/2013 yang diambil menggunakan stratified sampling. Instrumen penelitian ini adalah pemberian task atau tugas, yaitu membuat paragraf dari beberapa topik paragraf yang sudah dipelajari di Writing I. Kemudian, peneliti menganalisa hasil tulisan mahasiswa berdasarkan unity (topik paragraf dan kalimat pendukungnya) dan coherence (pengulangan kata kunci /repetition of key noun, kata ganti /pronoun, kata penghubung /transition signals dan susunan keseluruhan /logical order) di dalamnya.Hasil yang didapatkan dari penelitian adalah ada dua variasi dalam mendiskusikan topik, yaitu a) mendiskusikan satu topik dan b) mendiskusikan lebih dari satu topik (dua, tiga, empat dan tujuh topik). Kemudian, dalam memberikan kalimat pendukung, ada dua variasi yang ditemukan, yaitu a) kalimat pendukung yang tepat dan b) yang tidak tepat. Dalam menghubungkan kalimat dengan kalimat, juga ditemukan 2-3 variasi yaitu a) penyusunan atau pemakaiannya secara tepat, b) tidak tepat dan c) tidak ada pemakaiannya. Hasil akhir yang didapatkan yaitu hampir seluruh mahasiswa di tahun kedua jurusan Bahasa Inggris tahun akademik 2012/2013 bisa menyusun paragraf dengan mengaplikasikan unity dan coherence di dalamnya. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2013