Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING COMPREHENSION BY USING COMBINING OK4R (OVERVIEW, KEY IDEAS, READ, RECALL, REFLECT, REVIEW) AND SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, RECORD, REVIEW) METHOD AT SENIOR HIGH SCHOOL

Dewi, Frisma (Unknown)
Analido, Belinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKFrisma Dewi (09040328). Pembelajaran Membaca Melalui Kombinasi Metode OK4R dan SQ4R Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X. Makalah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Sumatera Barat, Padang, 2013.Penulisan makalah  ini bertujuan untuk membahas Metode OK4R (Overview, Key Idea, Read, Recall, Reflect, and Review) dan SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, and Review) dalam pengajaran membaca pada teks narratif untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Berdasarkan pengalaman penulis, ditemukan beberapa masalah yang dihadapi siswa menengah pertama (SMA) dalam  pelajaran membaca seperti:pertama, kekurangan kosa kata dalam membaca sehingga siswatidak bisa memahami isi dari teks naratif tersebut, mereka tidak bias menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks naratif yang diberikan oleh guru dan kebanyakan siswa hanya diam dimana guru selesai menjelaskan isi dari teks. Kedua, strategi atau metode yang digunakan oleh guru kurang tepat sehingga siswa merasa bosan dan mereka tidak tertarik dalam pembelajaran membaca. Dengan penggabungan dua Metode OK4R (Overview, Key Idea, Read, Recall, Reflect, and Review) dan SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, and Review) siswa bias terbantu dalam memahami informasi yang terdapat dalam teks naratif dan juga membuat siswa tertarik dalam membaca. Jadi, metode ini bias digunakan dan diterapka noleh guru dalam proses pembelajaran membaca. 

Copyrights © 2013