Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING DESCRIPTIVE TEXT BY COMBINING GUIDED IMAGERY AND INTRA ACT STRATEGIES FOR JUNIOR HIGH SCHOOL

Seveny, Lianda Meta (Unknown)
Dewi, Rusmala (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK        Membaca (reading) merupakan proses untuk memahami ide yang terdapat di dalam teks. Membaca bukanlah sebuah tugas yang mudah bagi siswa. Pengajaran yang tepat dan efektif sangat membantu siswa untuk lebih meningkatkan kemampuan mereka didalam belajar Bahasa Inggris. Pemahaman siswa terhadap Bahasa Inggris perlu ditingkatkan melalui suatu strategi yang efektif dalam mengevaluasi kemampuan siswa untuk memahami teks yang dibaca. Dengan menggunakan strategi kombinasi Guided Imagery dan Intra Act strategy dalam mengevaluasi kemampuan membaca siswa, guru dapat mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap teks yang dibaca. Strategy ini mempunyai langkah-langkah yang menarik dalam penerapannya. Dimulai dari siswa membayangkan dan menerka topik yang akan dipelajarinya berdasarkan sebuah benda atau gambar menarik  yang diberikan oleh guru. Benda tersebut berkaitan dengan topik yang akan dipelajari. Siswa diminta untuk menutup mata dan mendengarkan ilustrasi yang diberikan oleh guru kemudian  berfikir secara mendalam dan mengaitkan dengan pengetahuan mereka sebelumnya. Setelah itu siswa diminta untuk bekerja dengan kelompok yang telah ditentukan. Pada langkah akhir siswa diminta untuk membandingkan pemahamannya berdasarkan prediksi dan pendapat siswa dari kelompok lain.           

Copyrights © 2013