Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING COMPREHENSION BY USING RIDER (READ, IMAGE, DESCRIBE, EVALUATE, AND REPEAT) STRATEGY COMBINED WITH PARTNER READING STRATEGY AT JUNIOR HIGH SCHOOL

Marza, Weny Syafri (Unknown)
Yulmiati, Yulmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan aplikasi  Strategi RIDER (Read, Image, Describe, Evalution, and Repeat) yang digabungkan atau dikombinasikan dengan Strategi Partner Reading dalam mengajarkan pemahaman membaca yang berhubungan dengan informational teks.  Dalam makalah ini penulis hanya memilih teks Narrative terhadap Siswa menengah pertama (SMP). Strategi ini bertujuan untuk memberikan pengaruh yang baik terhadap pencapaian pemahaman membaca (Reading Comprehension) siswa dalam teks Narrative.Cara penerapan strategi ini, diawali dengan guru mengajarkan agar murid merasa terlibat dalam teks yang dibaca. Kemudian guru menyuruh murid untuk menggunakan imajinasi agar mendapakan gambar sesuai dengan teks. Setelah itu barulah guru menyuruh siswa untuk memilih teks unuk didengar dan dibaca. Lalu guru memasangkan siswa dengan teman-temannya. Masing-masing pasangan membaca selama tiga menit. Kemudian pasangan satu membaca dan pasangan kedua mengkoreksi prosedur. Setelah itu mereka mendiskusikan dengan pasangannya. Kemudian guru menanyakan kepada siswa tentang gambar, apakah sudah benar atau belum tentang pemahaman mereka yang berhubungan antara gambar dengan teks..  

Copyrights © 2013