Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Teaching Writing Hortatory Exposition Text by Combining Hamburger Strategy and Quick Write Strategy for Senior High School Students

Afridona, Lisa (Unknown)
Octavia, Shanty (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

Menulis (Writing) adalah suatu proses berfikir dalam menciptakan simbol-simbol untuk menerapkan ide, pikiran, perasaan dan untuk memahami makna atau memperoleh informasi yang ada di dalam teks bacaan. Oleh karena itu, menulis yang diiringi dengan pemahaman membuat siswa dapat menambah ilmu pengetahuan dan informasi yang terdapat di dalam teks atau gambar yang dipahami. Selain itu, kesuksesan siswa dalam belajar biasa dilihat dari seberapa jauh siswa memahami sebuah teks. Pengajaran menulis tidak hanya mengajarkan siswa cara menulis teks yang dipahami tetapi juga mengajarkan siswa untuk mengetahui arti pada sebagian besar kata-kata yang ada didalam teks. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang masih belum memiliki kemampuan yang baik dalam menulis kalimat Bahasa  Inggris dan memahami makna yang mereka pahami untuk menghasilkan penulisan teks hortatory eksposition yang baik.Pada journal ini, penulis membahas tentang mengkombinasikan 2 macam strategy yang mempunyai tujuan yang sama dalam hal meningkatkan keahlian menulis siswa dalam pembelajaran writing  yang dapat diaplikasikan di tingkat sekolah menengah atas yaitu dengan menggunakan strategy hamburger dan strategy quick write. Strategy ini diharapkan bisa meningkatkan motivasi siswa dalam menulis teks hortatory eksposition. Salah satu keuntungan dari strategy ini adalah siswa lebih kreatif dalam menyampaikan hasil pemikirannya dan membuat suasana belajar tidak pasif. Dengan penerapan strategy ini siswa akan lebih tertarik untuk belajar memahami sehingga akan dapat meningkatkan motivasi untuk berlatih dan meningkatkan cara belajar siswa dalam belajar menulis teks hortatory eksposition yang bagus.

Copyrights © 2013