Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING WRITING BY COMBINING POW WWW W=2 H=2 STRATEGY AND PRAISE-QUESTION-POLISH (PQP) STRATEGY AT SENIOR HIGH SCHOOL

Sucilowati, Rina (Unknown)
Analido, Belinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKMakalah ini ditulis bertujuan  untuk membantu mengatasi masalah siswa dalam pengajaran writing pada tingkat sekolah menengah atas (SMA). Diantara masalah yang dihadapi oleh siswa menengah atas (SMA) yaitu siswa sulit menulis teks atau cerita dengan baik karena mereka sulit menemukan ide ketika menulis dan ide mereka tidak tersusun dengan baik dan terorganisir. Kemudian, mereka jarang melakukan revisi dan pengeditan tulisan mereka sendiri sehingga mereka tidak bisa menghasilkan tulisan yang baik. Selain itu makalah ini juga dimaksudkan untuk memberi masukan bagi guru-guru bahasa inggris dalam melaksanakan pelajaran writing sehingga siswa tertarik dan termotivasi untuk belajar writing. Dalam makalah ini, penulis membahas bagaimana pengajaran writing melalui penggabungan POW WWW W=2 H=2 Strategy dan Praise-Question-Polish (PQP) Strategy. Strategi ini dapat mempermudah guru meningkatkan keinginan siswa dalam menulis dan mempermudah siswa dalam menyampaikan ide, pikiran, dan perasaan mereka dalam bentuk tulisan. Tujuan pengggabungan dua strategi ini adalah membantu siswa dalam menulis sebuah cerita narrative disertai revisi dan pengeditan yang dilakukan oleh siswa itu sendiri. Pada akhirnya, penulis mengharapkan agar penggabungan strategi ini bisa memecahkan masalah siswa dalam pelajaran writing. 

Copyrights © 2013