Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING WRITING IN NARRATIVE TEXT BY COMBINING MYSTERY STRATEGY AND HAMBURGR STRATEGY AT SENIOR HIGH SCHOOL

Mauliana, Fajri (Unknown)
Yani, Titik Hardewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKFajri Mauliana. 2013. Pengajaran Menulis Melalui Penggabungan Dua Strategi Mystery dan Hamburger untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Makalah Program Sarjana. STKIP PGRI Sumatera Barat.Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang harus dipelajari di Indonesia sejak sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Walaupun bahasa Inggris telah dipelajari bertahun-tahun, tapi para siswa masih memiliki kesulitan khususnya dalam writing. Untuk membuat sebuah paragraf yang menggunakan bahasa Inggris siswa banyak mengalami masalah. Siswa mengalami masalah serius di dalam struktur bahasa Inggris, kurangnya penguasaan vocabulary dan susah menimbulkan ide kreatif dalam menulis serta sulitnya menggunakan grammar dan kata hubung yang tepat dalam bahasa Inggris. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan writing dengan menggunakan dua strategi yaitu mystery dan hamburger. Mystery adalah salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan writing. Strategi ini merupakan strategi yang tepat untuk membantu para siswa meningkatkan kemampuan menulisnya. Sehingga siswa tidak kesulitan untuk memulai menulis karena didalam strategi ini guru memberikan gambar kepada siswa yang berhubungan dngan cerita . Hamburger adalah salah satu strategi sangat bagus untuk menunjang kemampuan writing siswa karena dengan menggunakan hamburger, semua siswa dibimbing untuk mengetahui tentang bagia dari paragraph, seperti topic sentences, supporting sentences, dan conclusion senteces.Dalam makalah ini penulis berharap kepada guru, siswa dan semua pihak yang terkait dapat mengaplikasikannya dalam proses belajar mengajar,dan menggunakan penggabungan dari dua strategi ini. 

Copyrights © 2013