Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING WRITING BY COMBINING MIND MAPS AND SANDWICH STRATEGY FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Wahyuningsih, Melda (Unknown)
Sesmiyanti, Sesmiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKMenulis (writing) merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran. Dengan memiliki kemampuan dalam menulis siswa bisa menuangkan ide yang ada dalam pikiran nya kedalam formasi yang lebih baik dan dapat di pahami oleh orang banyak. Kemampuan untuk menulis tersebut tidak dapat tepisahkan dari bagaimana proses mengajar menulis yang dilakukan guru didalam kelas. Proses pembelajaran yang baik erat kaitan nya dengan strategi yang digunakan oleh guru, dengan penggunaan strategi tersebut dapat meningkatkan kemampuan dan kemauan siswa dalam menulis,  salah satu strategi yang dapat digunakan guru dalam mengajar menulis yaitu strategi Mind Maps dan strategi Sandwic. Dengan menggabungkan strategi Mind Maps dan strategi Sandwich dalam menulis diharapkan dapat mempermudah siswa dalam menulis dan mengembangkan ide-ide nya dalam suatu paragraf yang baik. Penggabungan dua strategi ini terjadi pada saat kegiatan inti (whils teaching activity), strategi pertama yaitu Mind Maps digunakan pada saat Exploration yaitu guru meminta siswa untuk membuat sebuah peta konsep (mind maps) tentang ide atau poin-poin dari sebuah paragraph yang akan ditulis. Kemudian penggunaan strategi kedua yaitu strategi Sandwich digunakan pada saat Elaboration, guru meminta siswa untuk mengembangkan ide-ide pada peta konsep kedalam susunan paragrap berbentuk susunan sebuah sandwich. 

Copyrights © 2013