ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan strategi pembelajaran Greet and Go terhadap vocabulary siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang terdiri dari dua grup; yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Greet and Go. Sedangkan kelas kontrol diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Personal Vocabulary Journal. Poplulasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 08 Alang Lawas, Padang tahun ajaran 2012/2013. Siswa tersebut berjumlah 71 orang yang terbagi kedalam dua kelas yaitu, kelas V A dan V B. Penelitian menggunakan Total sampling. Perlakuan yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kontrol dilakukan sebanyak delapan kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah vocabulary test. Peneliti melakukan tes uji coba di kelas yang berbeda. Selanjutnya posttest diberikan kepada kedua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil data analisis Peneliti mendapatkan hasil t-test 2,07. Hasil ini lebih besar jika dibandingkan dengan t-table, yaitu: 2,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Greet and Go dapat memberikan dampak positif terhadap vocabulary siswa. Â
Copyrights © 2013