Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan Experience Text Relationship Method terhadap reading siswa (kemampuan membaca) di Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam pembelajaran Bahasa Inggris, karena masih banyak nilai reading siswa yang rendah yaitu nilai rata-rata dari kelas XI IPS 1 adalah 63,59, nilai rata-rata dari kelas XI IPS 2 adalah 61,03 dan nilai rata-rata kelas XI IPS 3 adalah 60,87, sedangkan KKM nya adalah 71 sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai siswa belum mencapai KKM yang telah ditentukan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 9 Padang. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan sampel secara acak (Cluster Sampling). Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen, XI IPS 3 sebagai kelas kontrol sedangkan XI IPS 1 sebagai try out kelas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan Experience Text Relationship Method pada kelas eksperimen dan Repeated Reading Method pada kelas kontrol. Perlakuan yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sebanyak 8 kali pertemuan. Genre yang diberikan sesuai dengan silabus kelas XI yaitu Narrative dan Report Text. Setelah melakukan tes uji coba di kelas try out yaitu XI IPS 1, peneliti mengadakan posttest di kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3. Dari hasil analisis data, peneliti memperoleh nilai posttest siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Metode Experience Text Relationship terhadap pencapaian nilai reading siswa karena metode ini mampu meningkatkan nilai siswa dalam pembelajaran reading pada kelas XI IPS SMA N 9 Padang.
Copyrights © 2013