ABSTRAK Membaca adalah salah satu keahlian yang terpenting dipelajari oleh siswa, karena dengan membaca siswa bisa menambah ilmu pengetahuannya. Siswa juga bisa mendapakan informasi sebanyak mungkin dengan membaca, serta memahami teks yang dibacanya dengan baik. Namun pada dasarnya, sebagian siswa terutama siswa Sekolah Menengah Pertama belum bisa membaca kalimat bahasa inggris dengan baik. Adapun sebagian siswa dapat membaca kalimat bahasa inggris dengan baik tapi mereka tidak tahu makna dari apa yang dibacanya tersebut. Jadi tidak heran kalau siswa tidak banyak mengenal kosa kata akibat minimnya membaca.Untuk mengatasi malasah ini, ada beberapa strategi yang bisa digunakan dalam pembelajaran membaca.Dalam makalah ini, penulis mengkombinasikan dua buah strategi untuk membantu siswa dalam membaca, yaitu Combining Margin Notes and Paired Questioning Strategies sebagai salah satu strategy dalam pengajaran membaca untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca. Pada langkah Margin Notes siswa diberikan sebuah teks yang akan dibaca oleh siswa. Siswa diminta untuk menemukan kata-kata yang mana mereka tidak mengerti dan kata-kata yang dimengerti. Setelah mendefinisikan semua kata yang dipilih dari teks, pada langkah Paired Questioning siswa dibagi berpasangan, siswa di minta untuk menjawab pertanyaan sesuai teks yang diberikan. Margin Notes Strategi and Paired Questioning Strategi siswa dilibatkan dalam proses sebelum dan sedang membaca. Setelah itu, hasil membaca siswa akan dipresentasikan di depan kelas dan mendapatkan kritikan, masukan, dari temanya pada Paired Questioning Strategy. Dengan demikian, mengkombinasikan Margin Notes and Paired Questioning Strategies diharapkan bisa membantu siswa Sekolah Menengah Pertama dengan mempelajari maupun memahami konsep membaca. Â
Copyrights © 2013