Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING NARRATIVE TEXT BY COMBINING DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) AND GROUP MAPPING ACTIVITY (GMA) STRATEGIES AT GRADE EIGHT STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL

Silmarnita, Silmarnita (Unknown)
Riza, Armilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK Dalam pemahaman siswa terhadap belajar Bahasa Inggris dapat ditingkatkan melalui strategy pengajaran, strategy yang efektif dalam mengevaluasi kemampuan siswa untuk membaca teks yang dibaca. Dengan menggunakan strategy kombinasi directed reading thinking activity and group mapping activity strategy dalam mengevaluasi kemampuan membaca siswa, guru dapat mengetahui tingkat kemampuan dan kelancaran siswa terhadap gambar/teks yg di berikan. Dalam aplikasinya pertama guru menerapkan directed reading thinking activity strategy. Strategi ini diawali dengan memperlihatkan gambar narrative dan memberikan petanyaan berdasarkan gambar tersebut dan dilanjutkan membagi kelompok untuk menjawab pertanyaan yang diberikan guru yang bertujuan untuk memahami teks,mendapatkan informasi dari teks dan ide. Disini akan jelas terlihat mana siswa yang bisa memahami teks dengan baik mana yang tidak mengerti dari pemahaman teks yang dibaca. Pada strategy group mapping activity siswa diminta untuk membuat mapping berdasarkan pertanyaan yang diberikan. Makalah ini diharapkan mampu memberi masukan yang efektif bagi guru untuk mengajar bahasa inggris dalam mengetahui kemampuan siswanya dan khususnya bagi siswa dalam memahami suatu bacaan.  

Copyrights © 2013