Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING IN NARRATIVE TEXT BY COMBINING THE 3H (Here, Hidden in my Head) AND QtA (Questioning the Author) STRATEGY FOR JUNIOR HIGH SCHOOL

Syefriyanti, Syefriyanti (Unknown)
Analido, Belinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKDalam makalah ini penulis membahas dua strategi yang dikombinasikan agar pembelajaran membaca lebih disenangi dan menarik sehingga dapat digunakan pada pelajaran membaca. Strategi yang digunakan adalah 3H Strategy dan QtA Strategy. 3H  Strategy digunakan untuk membimbing siswa dalam membaca sebuah teks dan menemukan dimana jawaban dari pertanyaan tentang text narratif melalui langkah-angkah proses membaca seperti, guru menyiapkan  topik untuk siswa, kemudian siswa membaca topik tersebut, dan  guru mengonsep tiga jenis pertanyaan. Pertama berdasarkan isi dari bacaan, kedua berdasarkan informasi yang ada dalam teks bacaan dan yang ketiga berdasarkan ilmu pengetahuan dan mengkaitkan dengan kenyataan yang ada. Kemudian guru memperagakan bagaimana cara menjawab pertanyaan-pertanyaan yaitu dengan  menggunakan think aloud (berfikir kuat). Tujuan dari langkah-langkah proses membaca ini adalah agar siswa bisa dengan mudah memperoleh informasi yang ada pada teks dan meningkatkan pemahaman membaca siswa khususnya dalam membaca teks narratif. Sedangkan QtA  Strategy adalah strategi membaca yang dapat digunakan oleh guru untuk membantu siswa dalam memperoleh informasi dan memahani teks dengan menggunakan pertanyaan-pertanyaan mengenai si penulis. Tujuan dari QtA Strategi adalah agar siswa lebih focus dalam membaca dan mudah memahamii tentang apa yang telah mereka baca. Dengan kombinasi dua strategi ini siswa diharapkan dapat memiliki ketertarikan dalam membaca, dan mudah memahami,serta fokus dalam membaca teks yang mereka baca

Copyrights © 2013