Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING BY COMBINING FRAYER MODEL WITH CLINK AND CLUNK STRATEGIES AT X GRADE STUDENTS’ OF SENIOR HIGH SCHOOL

Sari, Mela Jasmata (Unknown)
Riza, Armilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKMembaca (Reading) merupakan salah satu keterampilan yang penting dalam Bahasa Inggris yang harus diajarkan oleh seorang guru kepada siswa selain menulis, berbicara dan mendengar. Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu mengatasi salah satu dari sekian banyak permasalahan yang ada dalam pengajaran Bahasa Inggris, khususnya dalam membaca di Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain itu, makalah ini juga dimaksudkan sebagai masukan bagi guru-guru Bahasa Inggris dalam mengajar reading, sehingga menjadi daya tarik bagi siswa dalam belajar. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan reading dengan menggabungkan dua strategi yaitu Frayer Model dengan Clink and Clunk strategi. Dalam aplikasinya, pertama guru menggunakan strategi Frayer Model, yang diawali dengan guru memberikan sebuah konsep yang akan dipelajari, lalu guru memberikan sebuah teks dan diagram Frayer Model sambil menjelaskan atribut Frayer Model tersebut. Berikutnya, guru membagi siswa dalam kelompok dan meminta siswa untuk melengkapi diagram, terakhir guru meminta siswa untuk mendiskusikanya. Kemudian guru menggunakan strategi yang kedua yaitu Clink and Clunk Strategy. Di strategi ini, guru meminta siswa untuk membuat dua kolom yaitu kolom “Clink” and “Clunk”. Lalu guru meminta siswa untuk membaca teks. Setelah itu siswa diminta untuk mengisi kolom “Clink and Clunk”. Terakhir guru dan siswa mendiskusikan teks tersebut. Strategi ini sangat efektif untuk membuat siswa aktif dan berpartisipasi dalam diskusi. Hal ini juga diharapkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran membaca pada siswa SMA.

Copyrights © 2013