ABSTRAK Membaca (Reading) merupakan salah satu keterampilan yang penting dalam Bahasa Inggris yang harus diajarkan oleh seorang guru kepada siswa. Karena dengan membaca siswa dapat memperluas wawasannya. Sejalan dengan pentingnya pengajaran reading maka seorang guru harus kreatif untuk membuat pembelajaran reading menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya dengan menerapkan strategi yang menarik dan tepat dalam pembelajaran reading. Sehingga, siswa tertarik dan termotivasi untuk mempelajarinya.Dalam makalah ini, penulis membahas tentang bagaimana mengajarkan reading melalui gabungan dua strategi yaitu Subtext dan Visual Imagery. Dalam aplikasinya pertama guru menerapkan Subtext  Strategy. Strategy ini diawali oleh bimbingan guru,yang masing-masing siswa diberikan text narative terlebih dahulu,setelah itu guru membacakan secara nyaring sepanjang siswa menyimaknya. Namun, dipertengahan text, guru menghentikan bacaannya sejenak, lalu memberikan beberapa pertanyaan sederhana kepada siswa yang bertujuan untuk membantu siswa untuk mengaktualisasikan apa yang mereka dapatkan dari text, ini bertujuan agar siswa bisa memahami text secara mendalam  dari text yang telah di baca. Kemudian guru menggunakan strategy yang kedua yaitu Visual Imagery Strategy. Strategy ini merupakan pembelajaran berkelompok untuk mendiskusikan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh guru. Strategy ini sangat efektif untuk siswa agar siswa menjadi aktif dan berpartisipasi dalam diskusi. Siswa tidak hanya bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru tapi juga bisa mengvisualisasikan isi dari teks tersebut. Hal ini juga diharapkan untuk tercapainya tujuan pembelajaran membaca pada siswa sekolah menengah atas.Â
Copyrights © 2013