Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

USING PENS AND COPS STRATEGY IN TEACHING WRITING PROCEDURE TEXT AT SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Sinurat, Elda Br (Unknown)
Alicia, Dona (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

Makalah ini mendiskusikan tentang penggunaan sebuah strategi dalam pengajaran writing untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Strategi ini berguna untuk meningkatkan kemampuan writing siswa agar mampu mengembangkan diri dalam kegiatan menulis teks procedure. Strategi tersebut ialah PENS and COPS Strategy. Pada penerapanya, guru menginstruksikan beberapa tahap kegiatan yaitu meminta siswa menulis, mengamati tulisan, membandingkan hasil tulisan pada konsep PENS and COPS Strategy, mengamati erros pada tulisan, merevisi tulisan, dan memahami kembali hasil tulisan yang direvisi. Melalui prosedur tersebut belajar writing akan semakin mudah sehingga pengalaman siswa semakin bertambah yang akan membuat mereka lebih tertarik dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, dengan adanya strategi ini diharapkan guru dan siswa memiliki sebuah pegangan yang dapat membantu dalam kegiatan belajar writing sehingga kegiatan writing bukan lagi menjadi kegiatan yang membosankan melainkan membuat siswa gemar dalam menulis.

Copyrights © 2013