Makalah ini mendiskusikan tentang penggunaan sebuah strategi dalam pengajaran writing untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Strategi ini berguna untuk meningkatkan kemampuan writing siswa agar mampu mengembangkan diri dalam kegiatan menulis teks procedure. Strategi tersebut ialah PENS and COPS Strategy. Pada penerapanya, guru menginstruksikan beberapa tahap kegiatan yaitu meminta siswa menulis, mengamati tulisan, membandingkan hasil tulisan pada konsep PENS and COPS Strategy, mengamati erros pada tulisan, merevisi tulisan, dan memahami kembali hasil tulisan yang direvisi. Melalui prosedur tersebut belajar writing akan semakin mudah sehingga pengalaman siswa semakin bertambah yang akan membuat mereka lebih tertarik dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, dengan adanya strategi ini diharapkan guru dan siswa memiliki sebuah pegangan yang dapat membantu dalam kegiatan belajar writing sehingga kegiatan writing bukan lagi menjadi kegiatan yang membosankan melainkan membuat siswa gemar dalam menulis.
Copyrights © 2013