Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

ENRICHING VOCABULARY BY USING JOINT ATTENTION STRATEGY AT ELEMENTARY SCHOOL

INDRAWENI, DESI (Unknown)
Analido, Belinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu guru-guru dalam  mengatasi permasalahan siswa-siswi Sekolah Dasar dalam pengajaran kosakata disekolah. Selain itu, penulisan makalah ini juga dimaksudkan sebagai masukan bagi guru-guru bahasa inggris dalam pengajaran kosakata, agar menjadi daya tarik tersendiri dan menyenangkan bagi siswa-siswi dalam memahami kosakata baru yang berbahasa inggris. Kemudian diharapkan mereka juga bisa memahami dan mengerti nama benda yang terdapat di dalam gambar. Sehingga mereka dapat menemukan kata baru dan mempermudah mereka memahami teks dalam bahasa inggris.Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana mengajarkan kosa kata  melalui Joint Attention Strategy. Dengan Joint Attention  strategy ini guru akan bisa lebih mudah meningkatkan keinginan siswa dalam mempelajari kosa kata dan mempermudah siswa dalam memahami kosakata baru. Langkah yang dilakukan dalam menggunakan Joint Attention Strategy ini yaitu; menampilkan sebuah gambar besar di depan kelas dan memerintahkan semua siswa untuk memperhatikannya, kemudian meminta seorang siswa ke depan kelas dan  menunjuk sebuah benda yang ada pada gambar lalu menyebutkan nama benda tersebut kemudian siswa yang lain memperhatikan sambil  mengulangi kembali. Ini bertujuan untuk mempermudah siswa dalam memahami dan mengingat kosakata baru. Joint Attention strategy ini diharapkan bisa menjadi paduan bagi guru dalam mengajar kosakata.

Copyrights © 2013