ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari penggunaan strategi Imagine, Elaborate, Predict and Confirm (IEPC) dalam Pengajaran Bahasa Inggris, khususnya dalam kemampuan membaca siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen yang terdiri dari dua kelas. Satu kelas sebagai kelas Eksperiment dan satu lagi sebagai kelas Control. Pada kelas eksperimen peneliti memberikan perlakuan yang menggunakan strategi Imagine, Elaborate, Predict and Confirm (IEPC), dan di kelas kontrol peneliti memberikan perlakuan yang biasa digunakan oleh guru disekolah tersebut yaitu Question-Answer Relationship. Dalam penelitian ini populasinya adalah siswa kelas VIII SMP N 27 Padang pada tahun ajaran 2013/2014. Peneliti mengambil sampel berdasarkan rata-rata Reading Test siswa. Dalam pengambilan sampel, peneliti menggunakan sampel secara acak (cluster sampling). Sampel yang digunakan adalah kelas VIII 3 sebagai kelas eksperiment, VIII 2 sebagai kelas control sedangkan VIII 4 sebagai try out kelas.. Instrument penelitian adalah reading test dalam bentuk pilihan ganda. Setelah melakukan tes uji coba di kelas try out, peneliti mengadakan posttest dikelas VIII 3 dan VIII 2.Dari hasil analisis data, peneliti memperoleh nilai posttest siswa dikelas ekperiment lebih tinggi dari nilai kelas control. Di kelas experiment diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 29 dan dikelas control adalah 26,80. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa adanya peningkatan nilai setelah diberi perlakuan di kelas experiment (VIII 3), sehingga diperoleh t- hitung yaitu 2,32 lebih besar dari pada t-table 2,00.Maka peneliti menyimpulkan adanya pengaruh dari IEPC Strategy dalam peningkatan pemahaman siswa dan hipothesis pada penelitian ini dierima. Â
Copyrights © 2013