Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 1 No 1 (2018): Komunikasi dan Budaya Urban

Etika Komunikasi Netizen di Media Sosial

Syafrida Nurrachmi Febriyanti (Unknown)
Ririn Puspita Tutiasri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2018

Abstract

Media sosial belakangan ini menjadi fenomena media baru yang digemari oleh masyarakat Indonesia, khususnya kaum remaja hingga dewasa. Hal tersebut menjadikan berita dan informasi menyebar dengan begitu cepatnya dan sangat mudah didapatkannya. Bukan hanya itu, masyarakat pun dapat segera memberikan opini dan reaksinya sesaat setelah kejadian tersebut berlangsung, baik opini positif maupun negatif. Peneliti tertarik untuk membahas etika berkomunikasi netizen dalam menerima berita dan informasi pada halaman facebook E100 Radio Suara Surabaya. Penelitian ini bersiat kualitatif dengan studi etnografi virtual. Tinjauan pustaka yang peneliti gunakan antara lain : Komunikasi dan internet, cyber media, khalayak di cyber media, hukum dan etika di cyber media dan etnografi virtual. Informan dalam penelitian ini adalah netizen yang aktif memberikan komentar dalam akun Facebook E100 Radio Suara Surabaya. Hasil penelitian menunjukan ada lima tipe netizen dalam memberikan komentar di akun Facebook E100 Radio Suara Surabaya, yakni tipe meminta informasi, menyampaikan informasi, menyampaikan argumentasi dengan baik, menyampaikan argumentasi dengan tidak baik, pemberi komentar dari komentator. Kata Kunci : etnografi virtual, etika komunikasi, media sosial, netizen.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jkom

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Komunikasi encompasses scholarship on communication and media studies. It disseminates the latest research, development, critical thinking and knowledge contribution on communication process and how it entangles with the development with media, particularly social media advancement. This ...