Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

THE EFFECTIVENESS OF USING PAIRED VERBAL FLUENCY STRATEGY AND ROLE PLAYING STRATEGY TOWARD STUDENTS’ SPEAKING ACHIEVEMENT (A Comparative Study at the Grade XI IPA Students of SMA N 5 Solok Selatan)

Sari, Dian Purnama (Unknown)
Yelfiza, Yelfiza (Unknown)
Suharni, Suharni (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan Paired Verbal Fluency Strategy dan Role Playing Strategy dalam pengajaran bahasa Inggris, khususnya speaking. Jenis penelitian ini adalah causal-comparative research yang membandingkan dua strategi tersebut dalam dua kelas; experimental class dan control class. Pada kelas eksperimen peneliti memberikan perlakuan menggunakan Paired Verbal Fluency Strategy dan pada kelas kontrol peneliti memberikan perlakuan menggunakan Role Playing Strategy. Populasi penelitian ini; siswa kelas XI IPA SMAN 5 Solok Selatan pada tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari tiga kelas yaitu XI IPA 1, XI IPA 2 dan XI IPA 3. Sampel yang digunakan adalah cluster sampling yaitu kelas XI IPA 1 (experimental) dan kelas XI IPA 3 (control). Instrumen yang diberikan adalah speaking test.Pada hasil analisis data, peneliti mengkalkulasikan nilai pretest dan posttest dari kedua kelas menggunakan t-test, hasilnya t-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol lebih besar dari t-table. Berarti Paired Verbal Fluency Strategy dan Role Playing Strategy merupakan strategi yang efektif dalam pengajaran bahasa Inggris. Kemudian untuk menentukan strategi mana yang lebih efektif antara kedua strategi, peneliti mengkalkulasikan nilai posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan hasilnya t-test lebih besar dari t-table. Berarti Paired Verbal Fluency Strategy lebih efektif dari Role Playing Strategy.  

Copyrights © 2013