Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

TEACHING READING COMPREHENSION BY USING COMBINING LEVELED QUESTION AND SHARED READING STRATEGY FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Mardhia, Elsi (Unknown)
Octavia, Shanty (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk mengajarkan memahami bacaan dengan menggunakan dua strategi. Disini penulis mengkombinasikan Leveled Question Strategi dengan Shared Reading Strategi. Kedua strategi ini dianggap penulis dapat membantu siswa dalam memahami teks yang dibacanya. Dalam menggunakan Leveled Question Strategi, guru dapat memahami kemampuan siswa dalam menjawab setiap pertanyaan berdasarkan tingkatan pertanyaannya masing-masing. Sementara itu dengan menggunakan Shared Reading Strategy guru dapat melihat kemampuan siswa dalam mamahami bacaan dan berbagi satu sama lainnya dalam pemahaman mereka masing-masing berdasarkan teks yang mereka baca.Dalam pembuatan makalah ini, penulis berpedoman sebelumnya kepada kemampuan siswa dalam pemahaman membaca yang banyak penulis temui waktu melakukan observasi disalahsatu sekolah menengah atas. Disini penulis melihat siswa sangat terbentur dalam memahami sebuah teks bacaan sehingga mereka sulit untuk berbagi pemahaman dengan teman mereka. Mereka hanya membaca tanpa memahami apa maksud dan tujuan dari teks tersebut.Berdasarkan masalah diatas, penulis mencoba menggunakan dua strategi untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca sebuah teks. Disini penulis menggunakan teks narrative sebagai salah satu teks yang ada dalam kurikulum bahasa inggris dan penulis mengambil teks narrative untuk kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA). Untuk membantu siswa dalam memahami text ini, penulis menggunakan Leveled Question Strategi dan Shared Reading Strategi.

Copyrights © 2013