Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING READING IN ANALYTICAL EXPOSITION TEXT BY USING COMBINING POSSIBLE SENTENCE WITH GIST STRATEGIES AT SENIOR HIGH SCHOOL

Saputra, Ade Media (Unknown)
Octavia, Shanty (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKMakalah ini bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa memahami bacaan dengan menggunakan dua strategi. Disini penulis mengkombinasikan possible sentences strategi dengan GIST strategi. Kedua strategi dapat membantu siswa dalam memahami bacaan berdasarkan text yang diberikan guru. Dalam mengunakan Possible Sentence Strategi dapat membantu siswa memprediksi bacaan sebelum membaca text dan membantu siswa agar dapat mengukur kemampuan pemahaman siswa berdasarkan materi yang diberikan guru. Sementara itu dengan mengunakan GIST strategi dapat melatih kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan dari sebuah text bacaan dengan gaya bahasa sendiri yang berbentuk menjadi kata-kata.Dalam pembuatan makalah ini, penulis berpedoman sebelumnya kepada kemampuan siswa dalam pemahaman membaca yang banyak penulis temui sewaktu penulis melaksanakan praktek lapangan di Sekolah Menengah Atas. Disini penulis melihat siswa mengalami kesulitan dalam memahami text bacaan khususnya analytical exposition text karena text ini berbetuk opini atau argumen-argumen yang bertujuan mengajak pembaca memberi tanggapan dan untuk melakukan sesuatu. Berdasarkan masalah yang ditemui, penulis ingin menemukan cara yang lebih baik dan dapat disesuaikan untuk siswa maupun guru dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca sebuah text analytical exposition. Untuk membatu siswa dalam memahami text tersebut penulis menggunakan Possible Sentences strategi dan GIST strategi.

Copyrights © 2013