Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

USING CDO AND COPS STRATEGY IN TEACHING WRITING NARRATIVE TEXT FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Kadafi, M. (Unknown)
Octavia, Shanty (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

Makalah ini mendiskusikan tentang pengajaran writing untuk siswa kelas II SMP dengan menggunakan strategy CDO dan COPS. Salah satu masalah yang sering dihadapi guru yaitu bagaimana menumbuhkan minat menulis siswa khususnya pada Narrative Teks. Mereka sering menghadapi kendala seperti penggunaan huruf besar, tanda baca, ejaan kata dan pengorganisasian tulisan. Salah satu solusi yang sesuai digunakan untuk permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan gabungan strategy CDO dan COPS.Dalam penerapannya, guru menyuruh siswa menuliskan sebuah narrative teks untuk dibandingkan dengan teks yang benar, mendeteksi kesalahan, menggaris bawahinya, memeriksa penggunaan huruf besar dan tanda baca, membaca tulisan dan merevisi kembali tulisan. Melalui prosedur tersebut menulis narrative teks akan semakin mudah bagi siswa dan dapat membuat mereka lebih tertarik atau termotivasi dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, dengan adanya kombinasi strategy ini diharapkan guru dan siswa memiliki sebuah pegangan yang dapat membuat dalam kegiatan belajar mengajar writing bukan lagi keiatan yang membosankan.

Copyrights © 2013