ABSTRAKMakalah ini ditulis bertujuan untuk membantu mengatasi salah satu dari sekian banyak permasalahan yang ada dalam pengajaran membaca (Reading) pada sekolah menengah atas (SMA). Untuk proses belajar mengajar Bahasa Inggris, diperlukan adanya beberapa strategi pembelajaran yang tepat dan efektif, yang bisa membantu siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan mereka didalam belajar Bahasa Inggris. Dalam makalah ini penulis membahas bagaimana pengajaran reading melalui penggabungan strategi Literature Circle dan strategi Reciprocal Teaching. Literature Circle adalah sebagai salah satu strategi dalam pengajaran membaca dikelas, yang dapat membimbing siswa dalam pemahaman membaca secara mendalam melalui diskusi sebuah teks atau buku dan mempersilakan siswa untuk latihan dan mengembangkan kemampuannya untuk menjadi pembaca yang baik. Literature Circle Strategi tidak hanya berkontribusi untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa tapi juga membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi yang baik. Kemudian, Reciprocal Teaching adalah sebuah strategi membaca dalam meningkatkan pemahaman membaca yang fokusnya pada empat komponen mambaca yaitu: memprediksi, mengklarifikasi, memberikanpertanyaan, dan menyimpulkan sebuah teks.  Reciprocal Teaching menjadikan siswa lebih percaya diri dalam kemampuan membacanya dan mengajarkan siswa bagaimana membaca secara aktif. Penulis berharap makalah ini dapat berguna bagi para pembaca dan khususnya pada guru Bahasa Inggris sebagai salah satu strategy alternatif yang diterapkan dalam proses pembelajaran membaca.  Â
Copyrights © 2013