Pendidikan Bahasa Inggris
Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Mahasiswa Bahasa Inggris Genap 2012-2013

TEACHING SPEAKING BY COMBINING CRITICAL INCIDENT AND ROLE PLAY TECHNIQUES IN RECOUNT TEXT FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS AT GRADE EIGHT

Saputra, Rio Reski (Unknown)
Riza, Armilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKPenulisan jurnal ini bertujuan untuk membahas penggunaan dari penggabungan teknik Critical Incident dan Role Play dalam pengajaran berbicara teks recount pada siswa SMP. Berbicara adalah salah satu dari empat keahlian dasar dalam bahasa Inggris. Berbicara merupakan salah satu bentuk komunikasi dimana seseorang dapat menyampaikan ide, pendapat, gagasan atau berbagi informasi kepada yang lainnya secara lisan. Penulisan makalah ini bertujuan untuk membantu mengatasi salah satu dari permasalahan yang ada dalam pengajaran berbicara khususnya teks recount (speaking) pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). Maka dalam jurnal ini penulis menjelaskan penggabungan dua teknik pembelajaran bahasa Inggris yaitu Critical Incident dan Role Play Techniques. Critical Incident Technique adalah sebuah teknik dimana guru akan meminta para siswa untuk menceritakan pengalaman menarik mereka melalui wawancara atau berdiskusi untuk mendapatkan informasi yang terkait dengan cerita pengalaman menarik mereka. Role Play Technique adalah sebuah teknik dimana guru akan meminta siswa untuk memilih salah satu peran atau karakter dari cerita pengalaman menarik yang telah mereka diskusikan dan kemudian memainkan peran atau karakter yang telah mereka pilih dalam sebuah drama didepan kelas. Teknik ini sangat efektif untuk membuat siswa mampu berbicara dalam bahasa Inggris melalui teks recount. 

Copyrights © 2013