ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan dari strategi Exclusion Brainstorming terhadap pencapaian reading siswa dalam pembelajaran bahasa inggris, karena pencapaian reading siswa masih rendah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Sungai Aur Pasaman Barat. Dalam pemilihan sampel peneliti menggunakan Software Minitab dan Manual. Data yang diambil untuk menentukan sampel adalah reading test. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 1 seabagai kelas eksperimen, XI IPS 2 sebagai kelas control dan XI IPS 3 sebagai kelas try out. Dalam meneliti, peneliti menggunakan startegi Exclusion Brainstorming dalam kelas eksperimen dan strategi Questioning dalam kelas control. Perlakuan yang diberikan sebanyak 8 kali untuk pertemuan masing-masing kelas, materi yang diberikan sesuai dengan silabus kelas XI yaitu narrative text, analytical exposition text dan announcement. Setelah melakukan percobaan, peneliti mengadakan pretest untuk mengetahui kemampuan dasar siswa. Setelah diberikan perlakuan sebanyak 8 kali, peneliti melakukan posttest. Setelah mendapatkan data tersebut, peneliti menganalisa dengan menggunakan rumus Sudjana (2005). Hasil yang didapatkan menunjukkan adanya peningkatan nilai setelah diperlakukan dikelas eksperimen yaitu XI IPS 1, diperoleh t-hitung yaitu 3,062 lebih besar dari pada t-table 1,669. Dengan demikian strategi Exclusion Brainstorming memberikan efek yang positif terhadap pencapaian reading siswa. Â
Copyrights © 2013