Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 2, No 2 (2018): Juli 2018

Korelasi Antara Konsep Diri dengan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS

Wulandari, Ni Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara konsep diri dengan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD  Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat, pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini merupakan seluruh siswa kelas IV SD yang berada di Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018 yang memiliki jumlah populasi 401 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan taraf kesalahan 5% dan diperoleh banyak sampel dari populasi sejumlah 186 siswa. Data konsep diri diperoleh melalui kuesioner dan data penguasaan kompetensi pengetahuan IPS didapatkan melalui pencatatan dokumen yaitu nilai UAS semester I. Sebagai uji persyaratan menggunakan uji normalitas sebaran data. Setelah seluruh uji prasyarat terpenuhi, analisis statistik yang digunakan pada penelitian ini, berikutnya adalah uji hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh rhitung = 0,265. Pada taraf signifikansi 5% n= 186, maka diperoleh rtabel = 0,148. Karena rhitung= 0,265 > rtabel = 0,148 maka dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara konsep diri dengan penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus VI Pangeran Diponegoro Denpasar Barat Tahun Pelajaran 2017/2018, dengan arah korelasi positif, artinya semakin tinggi konsep diri semakin meningkat penguasaan kompetensi pengetahuan IPS.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...