Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019

Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Small Group Work (SGW) dan Supervisi Akademik

Sudarmini, Ni Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2019

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran matematika di SD Negeri 2, 3, dan 4 Bukian pada semester I tahun pelajaran 2018/2019. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara melakukan supevisi atau obserpasi kelas/ kunjungan kelas dengan instrumen. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kemampuan melaksanakan proses pembelajaran matematika, hanya mencapai nilai 73,76 dan ketuntasan  baru mencapai 23,52%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat ketuntasan pelaksanaan proses pembelajaran minimal 80,00. Rata-rata nilai  siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-ratanya  mencapai 77,88 dan prosentase ketuntasannya mencapai 35,29 %. Pada siklus II perolehan rata-ratanya sudah mencapai 88,94 dan persentase ketuntasan  sudah mencapai 100%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan, yaitu kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran matematika di SD Negeri 2, 3, dan 4 Bukian pada semester I tahun pelajaran 2018/2019 mengalami peningkatan melalui penerapan proses pembelajaran mengikuti alur explorasi, elaborasi dan konfirmasi dalam pembelajaran Small Group Work (SGW) dan supervisi akademik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...