Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 4, No 3 (2020)

Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Hasil Belajar IPS

Cahyani, Ni putu Mila (Unknown)
Dantes, Nyoman (Unknown)
Rati, Ni Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar IPS siswa di SD. Metode yang digunakan adalah meta-analisis. Sampel penelitian ini, berjumlah tujuh artikel yang diterbitkan dalam rentang waktu 2014-2020 pada jenjang sekolah dasar. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, yaitu menghitung effect size dari tujuh artikel  dengan mengidentifikasi mean, standar deviasi dan varians dari perhitungan pada uji t. Hasil analisis yang telah dilakukan bahwa secara keseluruhan nilai rata-rata effect size sebesar 1,378, sehingga dikategorikan berefek besar yaitu 0,8 ≤ 1,378 ≤ 0,2. Sehingga rata-rata tersebut membuktikan bahwa, pembelajaran dengan model kooperatif tipe TPS secara keseluruhan memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar IPS siswa. Berdasarkan dari tujuh artikel yang telah dihitung, penelitian yang dilakukan oleh Andi Fathul Asdar (2016) yang paling besar efektifitasnya yaitu 3,516.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...