Pesona Dasar : Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora
Vol 3, No 4 (2016): Oktober 2016

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI LESSON STUDY PADA PENJUMLAHAN PECAHAN DI KELAS IV SDN LAMSAYEUN

Monawati , (Unknown)
M. Yamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2016

Abstract

Materi penjumlahan pecahan merupakan salah satu materi yang dipandang susah bagi siswa SD, terutama penjumlahan pecahan yang berpenyebut tidak sama. Adalah tanggung jawab seorang guru untuk memastikan agar siswa dapat memahami tentang penjulahan pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  1) kemampuan guru mengajarkan materi penjumlahan pecahan di kelas IV SDN Lamsayeun melalui Lesson Study; 2) aktifitas siswa di kelas selama proses pembelajaran materi penjumlahan pecahan di kelas IV SDN Lamsayeun melalui Lesson Study; 3) hasil belajar siswa pada materi penjumlahan pecahan di kelas IV SDN Lamsayeun melalui Lesson Study; 4) respon siswa terhadap pembelajaran melalui Lesson Study pada materi penjumlahan pecahan di kelas IV SDN Lamsayeun. Metode penelitian yang dipakai untuk mencapai tujuan tersebut adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan menggunakan Lesson Study. Berdasarkan hasil pengolahan data didapat bahwa 1) kemampuan guru dapat mencapai peningkatan dan berada dalam kategori sangat baik; 2) aktivitas siswa dapat mencapai peningkatan dan berada dalam kategori sangat  baik; 3) hasil tes siswa dapat mencapai peningkatan; dan 4) respon siswa terhadap pembelajaran penjumlahan melalui Lesson Study adalah positif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran berbasis Lesson Study, pembelajaran penjumlahan pecahan di kelas IV SDN Lamsayeun dikatakan efektif.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

PEAR

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pesona Dasar focuses on educational research, especially research on primary education. It invites educational researchers from all regions of Indonesia to share their knowledge on the development of primary educational research. This journal is published twice a year in April and ...