Pembelajaran matematika memiliki hubungan yang erat dan peran penting dalam kehidupan sehari–hari, sehingga mengharuskan guru untuk menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Model CTL berbasis outdoor learning merupakan model pembelajaran yang mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari–hari dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media pembelajaran, sehingga pengalaman belajar siswa lebih bermakna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model CTL berbasis outdoor learning terhadap hasil belajar matematika siswa MTsN 1 Jombang tahun pelajaran 2018/2019 pada pokok bahasan aritmatika sosial.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain quasi experimental design bentuk two group posttest – only control design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-A dan VII-B MTsN 1 Jombang. Instrumen penelitian berupa lembar tes hasil belajar dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dua sampel bebas.Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model CTL berbasis outdoor learning dibandingkan dengan model pembelajaran yang diterapkan di MTsN 1 Jombang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model CTL berbasis outdoor learning terhadap hasil belajar siswa MTsN 1 Jombang. Sedangkan respon siswa terhadap model CTL berbasis outdoor learning menunjukkan respon positif dengan persentase sebesar 86,02 %.
Copyrights © 2019