Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 2, No 2 (2018)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DUA DIMENSI DI KELAS IV SDN 1 KATOI

Kamaruddin, Kamaruddin (Unknown)
Kaimuddin, La Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dalam memahami sifat-sifat bangun datar di kelas IV SD Negeri 1 Katoi Kabupaten Kolaka Utara. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang didapatkan dari hasil tes  dan observasi dianalisis menggunakan tehnik analisis statistik deskriptif. Sebagai indikator kinerja keberhasilan penelitian tindak kelas ini adalah minimal 80% rencana perbaikan pembelajaran telah terlaksana dan hasil belajar siswa secara klasikal minimal 80% telah memperoleh skor nilai KKM sebesar 60. Hasil analisis data dikemukakan bahwa untuk prosentase keaktifan belajar siswa dari pertemuan I sebesar 53,8%, dan pertemua II sebesar 76,9%. Hasil analisis data pengamatan  pada aktifitas mengajar guru: Pertemuan I sebesar 69,2%, dan pertemuan II 92,3%. Selanjutnya untuk analisis data pada siklus II, dikemukakan bahwa prosentase aktifitas belajar siswa sebesar 84,6% pada pertemuan I dan 100% pada pertemuan II. Persentase keaktifan mengajar guru pertemuan I sebesar 93,3% dan pada pertemuan II 100%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dua dimensi dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa pada Materi Sifat-sifat Bangun Datar kelas IV SD Negeri 1 Katoi Kabupaten Kolaka Utara.Kata Kunci: alat peraga dua dimensi; hasil belajar siswa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...