Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yakni adanya tindakan-tindakan tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Sujek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 11 Loghia pada semester I Tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 22 orang. Sumber data yaitu guru dan siswa. Pelaksanaan PTK ini terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Adapun prosedur penelitian ini adalah: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, (5) refkelsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis surat undangan siswa kelas V SD Negeri 11 Loghia standar kompetensi menulis surat undangan dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa pada tahun 2016/2017 hanya mencapai 62% meningkat setelah melakukan PTK siklus I ketuntasan belajar mencapai 72,73% dengan nilai rata-rata 63,03 dan pada siklus II meningkat menjadi 90,91% dengan nilai rata-rata 81,81. Aktivitas mengajar guru juga meningkat pada siklus I dari 22 aspek yang diamati 16 aspekatau 72,73% yang terlaksana pada siklus II keseluruhan aspek yang diamati telah terlaksana dengan maksimal, selanjutnya aktivitas belajar siswa siklus I dari 16 aspek diamati 7 aspek atau 43,75% yang terlaksana dan pada siklus II keseluruhan aspek yang diamati telah terlaksana dengan maksimal.Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif; Tipe STAD; Kemampuan Menulis
Copyrights © 2019