Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 2, No 1 (2018)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DI KELAS V SDN 1 WALASIHO

Hastuti, Hastuti (Unknown)
Yasin, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya materi Penyesuaian diri makhluk hidup dan lingkungannya di Kelas V SD Negeri 1 Walasiho melalui model pembelajaran Kontekstual. Prosedur penelitian mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu; (a) perencanaan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan evaluasi, dan (d) refleksi. Hasil menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan rata-rata pada siklus I adalah 63,85 dan siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 61,54%. Pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 74,62 dan siswa yang mencapai ketuntasan belajar mencapai 84,62%. Keberhasilan aktivitas mengajar guru dihitung berdasarkan skor perolehan guru dibagi dengan skor maksimum dikalikan seratus persen sehingga persentase keberhasilan aktivitas mengajar guru siklus I pertemuan pertama adalah 76,92% dan pertemuan kedua 84,62%. pada siklus II pertemuan pertama adalah 84,62% dan pertemuan kedua adalah 100%. Keberhasilan aktivitas belajar siswa dihitung berdasarkan skor perolehan siswa dibagi dengan skor maksimum dikalikan seratus persen, sehingga persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa siklus I pertemuan pertama adalah 76,92% dan pertemuan kedua 84,62%.pada  siklus II pertemuan pertama adalah 84,62% dan pertemuan kedua adalah 100%.Kata Kunci: pembelajaran kontekstual; hasil belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...