Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar, aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam belajar PKn Siswa Kelas VI SDN 1 Lapai Kabupaten Kolaka Utara pada materi Lembaga-lembaga Negara dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW). Prosedur penelitian yaitu; (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection). Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasi sedangkan data kualitatif melalui tes hasil belajar. Hasil analisis penelitian aktivitas guru diperoleh persentase keterlaksanaan pada siklus I dari 66,66% menjadi 86,66%, sedangkan persentase keterlaksanaan pada siklus II tidak berubah yaitu 93,33%. Berdasarkan analisis data hasil pengamatan aktivitas siswa diperoleh persentase keterlaksanaan pada siklus I dari 66,66% menjadi 86,66%, sedangkan persentase keterlaksanaan pada siklus II tidak berubah yaitu 93,33% pertemuan pertama dan kedua. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu dari 25 orang siswa hanya 23 orang siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 92% dengan rata-rata 79,4 telah mencapai standar KKM.Kata kunci: model pembelajaran think-talk-write; hasil belajar
Copyrights © 2018