Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 2, No 3 (2019)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS IV SDN 4 MALIGANO

Okvianty, Okvianty (Unknown)
Sentryo, Izlan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan siklus, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualitatif diambil dengan menggunakan lembar observasi sedangkan data kuantitatif diambil dari tes hasil belajar. Indikator kinerja dalam penelitian ini meliputi : (1) apabila skenario pembelajaran terlaksana 90% maka dikatakan berhasil; dan (2) hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 80% dengan nilai KKM 65. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan adalah aktivitas siswa pada siklus I pertemuan ke-1 72,5%, pada pertemuan ke-2 77,5% pada siklus II pertemuan ke-1 85% dan pertemuan ke-2 90%, sedangkan aktivitas guru dalam KBM pada siklus I pertemuan ke-1 77,6%, pertemuan ke-2 84,2%, pada siklus II pertemuanke-1 94,7% pada peertemuan ke-2 mencapai 97,4% dan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 37,04 % dan pada siklus II meningkat menjadi 85, 19%.Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif; Tipe Jigsaw; Hasil belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...