Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 3, No 1 (2019)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY PADA SISWA KELAS VI SDN 1 TINUKARI

Karmila, Karmila (Unknown)
Kaimuddin, La Ode (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran Inquiry pada materi pokok daya hantar benda terhadap panas di kelas VI SD Negeri 1 Tinukari. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester ganjil, tahun pelajaran 2016/2017 di kelas VI SD Negeri 1 Tinukari Kabupaten Kolaka Utara. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas VI SD Negeri 1 Tinukari yang berjumlah 22 siswa. Faktor yang diteliti dalam penelitian tindakan kelas ini adalah faktor siswa, dan faktor guru. Prosedur penelitian mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas yaitu; (a) perencanaan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan evaluasi, dan (d) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi daya hantar benda terhadap penas pada siswa kelas  SD Negeri 1 Tinukari. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan hasil belajar siswa, pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa adalah 63,64 dengan ketuntasan klasikal sebesar 59,09% sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa adalah 77,27 dengan ketuntasan klasikal sebesar mencapai 90,91%.Kata kunci: hasil belajar; model inquiry

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...