Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 3, No 2 (2019)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VB SD NEGERI 30 KENDARI

Hartina, Sri (Unknown)
R, La Ode Rafiuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB SDN  30 Kendari Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 32 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus dan setiap akhir siklus dilakukan evaluasi. Dalam penelitian ini terdapat dua data, yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I, siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa dengan persentase ketuntasan 51,85%, pada siklus I belum ada peningkatan berarti pada hasil belajar siswa, tetapi dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah mengalami perubahan, perubahan itu terjadi setelah guru memahami model pembelajaran dengan baik, dan siswa yang tidak tuntas 13 siswa dengan persentase 48,14 % dengan rata-rata 72,59, sedangkan hasil belajar pada pembelajaran siklus II siswa yang tuntas ada 22 siswa dengan persentase 81,48% dan siswa yang tidak tuntas 5 siswa dengan persentase adalah 18.51 dengan rata-rata 78,96. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa tema sahabat lingkungan kita Kelas Vb  Sd Negeri 30 Kendari.Kata kunci: model pembelajaran; student facilitator and explaining

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...