Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 4, No 1 (2020)

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 93 KENDARI

Saputra, Firmansyah (Unknown)
Hamid, Rimba (Unknown)
Ili, La (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa materi sumber energi di kelas IV SDN 93 Kendari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan yang menjadi subjek penelitian adalah siswa yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 kelas IV SDN 93  Kendari, dengan jumlah siswa 28 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II,  dengan persentase ketuntasan 50% dengan rata-rata 70,35 pada siklus I menjadi 92,85% dengan rata-rata 88,17 pada siklus II. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran animasi berbasis powerpoint dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa tentang materi sumber energi di kelas IV SDN 93 Kendari.Kata kunci: Media animasi berbasis powerpoint; berpikir kritis

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PGSD

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasaradalah jurnal Open-Access dan diterbitkan tiga kali setahun, yaitu pada bulan Agustus, Desember, April. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkiatan dengan Strategi, Model, Pendekatan dan Metode Pembelajaran di SD dan SMP; Media ...