Abstrak Penelitian ini mendeskripsikan tentang guru progresif yang di tawarkan oleh Paulo Freire terkait dengan pendidikan yang membebaskan. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui guru progresif menurut Paulo Freire antara lain; (1) mengetahui bagaimana pandangan Paulo Freire tentang guru progresif, (2) mengetahui pemaknaan istilah progresif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian interpretatif. Hasil penelitian ini mencakup lima hal, antara lain: 1) progresivisme kurang sepakat dengan pendidikan yang bercorak otoriter, 2) konsentrasi perhatian progresivisme selalu bergerak maju (progres), 3) progresivisme menjunjung tinggi pengalaman sebagai ciri dinamika hidup, 4) progresivisme tidak saja mengakui ide-ide, teori-teori, atau cita-cita sebagai hal yang ada, tetapi yang ada itu harus dicari artinya bagi suatu kemajuan atau maksud-maksud baik lain, 5) progresivisme mengharuskan manusia dapat memfungsikan jiwanya untuk membina hidup di tengah persoalan yang menghimpit.Kata kunci: guru progresif, pendidikan membebaskan, Paulo Freire.
Copyrights © 2014