Al-Minhaj
Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

Aktivitas Pembelajaran Aktif Dalam Pengajaran Reading Comprehension Melalui Metode STAD: Penerapan dan Penilaian

Yusuf, Harni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

STAD merupakan salah satu tipe dari pembelajaran koopetatif yang menekankan pada adanya aktivtias dan interaksi di antara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal, sehingga sangat bagus diterapkan pada mata pelajaran bahasa Inggris atau matakuliah Reading. Artikel ini bertujuan untuk membahas aktivitas pembelajaran aktif dalam pengajaran reading comprehension melalui metode STAD yang difokuskan pada penerapan dan penilaiannya. Adapun jenis reading yang diajarkan adalah extensive reading, dengan fokus genre nya adalah persuasive writing. Pada persuasive writing ini mahasiswa diharapkan mampu untuk membedakan antara fakta (fact) dengan opini (opinion. Pada saat presentasi kelas yang dilaksanakan oleh pendidik atau dosen, peserta didik dan mahasiswa bisa dinilai bisa dinilai dari segi partisipasi, kontribusi, dan keaktifannya di kelas. Ada 2 hal yang bisa dinilai pada saat peserta didik atau mahasiswa sedang terlibat dalam kerja tim, yaitu diskusi dan presentasi kelompok (jika ada). Selanjutnya perhitungan skor kelompok dilakukan dengan cara menjumlahkan masing-masing perkembangan skor individu dan hasilnya dibagi sesuai jumlah anggota kelompok. Pemberian skor kelompok dihitung dengan cara membuat rata-rata skor perkembangan kelompok, yaitu dengan menjumlahkan semua skor perkembangan individu anggota kelompok dan membagi sejumlah anggota kelompok tersebut. Sebelum mengakhiri pelajaran hendaknya memberikan penghargaan kepada kelompok berdasarkan kategori atau kualifikasi perolehannya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...