cover
Contact Name
Herson Anwar
Contact Email
herson.anwar@iaingorontalo.ac.id
Phone
+6281392251255
Journal Mail Official
jurnaljpi.pasca@iaingorontalo.ac.id
Editorial Address
Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Al-Minhaj
ISSN : 2622965X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan sekali yaitu bulan Juni dan Desember berisi tulisan ilmiah dari hasil riset/penelitian, kajian kepustakaan, gagasan konseptual dan pengalaman praktis yang mencakup lingkup kajian Dasar Pendidikan Islam (Studi Al-Quran dan Hadis; Filsafat Pendidikan Islam; Sejarah Pendidikan Agama Islam), Kelembagaan Pendidikan Islam (Kebijakan Pendidikan Islam, Politik Pendidikan Islam, Pengelolaan Pendidikan Islam), Profesionalisme lingkup Pendidikan Islam (Pengembangan lingkup ilmu pengetahuan, pengembangan bahan/materi, pengembangan karir dan pekerjaan), Kurikulum Pendidikan Islam (Isi Kurikulum, Islamisasi Sains, dll), Pemanfaatan dan Pengembangan media ICT dalam dunia Pendidikan Islam, E-Learning dalam Pendidikan Islam, Lingkungan Pendidikan Islam yang memupuk nilai-nilai, Pendidikan Islam berbasis kearifan lokal, Pendidikan Karakter, Pendidikan Gender dan berbagai penelitian atau kajian yang membahas masalah fundamental/umum tentang paradigma pendidikan Islam
Articles 399 Documents
Revitalisasi Pembinaan Akhlak Peserta Didik dalam Meningkatkan Kecerdasan Spritual Quotient di Era 4.0 Yahiji, Kasim; Damhuri, Damhuri
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini mengkaji revitalisasi pembinaan akhlak peserta didik dalam meningkatkan kecerdasan spiritual quetiont di era 4.0 yang difokuskan pada peserta didik disalah satu Madrasah Aliyah Swasta Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatitif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa pola pembinaan akhlak yang diterapkan menggunakan beberapa pola pembinaan akhlak diantaranya dengan menggunakan pola pembinaan keteladanan, pembiasaan, mauizah, targib dan tarhib, ceramah, motivasi, penegakan aturan, dan sedikit pengajaran. Akan tetapi pola pembinaan akhlak belum optimal karena masih ada anak yang membuat ulah, mengambil barang milik orang lain serta malas untuk mengikuti pembelajaran,hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya masih kurangnya program yang terkait dengan pembinaan akhlak, kurangnya peran orang tua dalam mengawasi perkembangan akhlak dirumah, serta kondisi lingkungan yang tidak menunjang dalam pembinaan akhlak, sehingga kecerdasan spiritual quetiont sebagian peserta didik masih perlu perhatian khusus dari pihak sekolah dengan pola pembinaan akhlak yang lebih efektif guna meningkatkan kecerdasan spiritual quetiont yang dimiliki peserta didik. Dalam mewujudkan hal tersebut di era 4.0 saat ini hendaknya guru jangan merasa bosan untuk selalu memberikan pembinaan akhlak kepada para peserta didik, agar penanaman akhlak yang diinginkan terwujud menjadi generasi yang berakhlakul kharimah.
Tantangan Pengelolaan Pendidikan Madrasah dalam Konteks Kekinian: Studi Pada Madrasah Aliyah Swasta Kota Gorontalo Anwar, Herson; Luneto, Buhari
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembinaan madrasah pada jenjang pendidikan menengah yaitu Madrasah Aliyah sangat membutuhkan adanya sistem pengelolaan komprehensif, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengkoordinasian, dan pemantauan serta evaluasi hingga mencapai suatu sistem pembinaan madrasah yang benar-benar sesuai dengan ketentuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan pengelolaan pendidikan di Madrasah Aliyah Swasta Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatitif dengan pendekatan multidisipliner (pendekatan normatif teologis, manajerial dan pendekatan sosiologis). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data kualitatif meliputi tiga tahap: (1) pra lapangan, (2) pekerjaan lapangan, (3) analisis. Hasil temuan menunjukkan bahwa secara realistis tidak bisa dipungkiri bahwa kondisi Madrasah Aliyah Swasta di Kota Gorontalo sangat beragam tantangan yang dihadapinya, baik dalam hal mutu maupun berbagai komponen pendukungnya. Untuk itu diperlukan adanya kerjasama yang baik dengan semua pihak dalam upaya memperoleh kesamaan pandangan dan tanggungjawab terhadap pembinaan madrasah tersebut. Keberlangsungan pengelolaan madrasah akan efektif bilamana dapat memberdayakan seluruh komponen-komponen sumber daya yang dimiliki dalam pengelolaan kurikulum dan pembelajaran, pengelolaan peserta didik, pengelolaan tenaga pendidik dan kependidikan, pengelolaan sarana dan prasarana, pengelolaan pembiayaan, pengelolaan hubungan madrasah dengan masyarakat
Aktivitas Pembelajaran Aktif Dalam Pengajaran Reading Comprehension Melalui Metode STAD: Penerapan dan Penilaian Yusuf, Harni
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

STAD merupakan salah satu tipe dari pembelajaran koopetatif yang menekankan pada adanya aktivtias dan interaksi di antara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal, sehingga sangat bagus diterapkan pada mata pelajaran bahasa Inggris atau matakuliah Reading. Artikel ini bertujuan untuk membahas aktivitas pembelajaran aktif dalam pengajaran reading comprehension melalui metode STAD yang difokuskan pada penerapan dan penilaiannya. Adapun jenis reading yang diajarkan adalah extensive reading, dengan fokus genre nya adalah persuasive writing. Pada persuasive writing ini mahasiswa diharapkan mampu untuk membedakan antara fakta (fact) dengan opini (opinion. Pada saat presentasi kelas yang dilaksanakan oleh pendidik atau dosen, peserta didik dan mahasiswa bisa dinilai bisa dinilai dari segi partisipasi, kontribusi, dan keaktifannya di kelas. Ada 2 hal yang bisa dinilai pada saat peserta didik atau mahasiswa sedang terlibat dalam kerja tim, yaitu diskusi dan presentasi kelompok (jika ada). Selanjutnya perhitungan skor kelompok dilakukan dengan cara menjumlahkan masing-masing perkembangan skor individu dan hasilnya dibagi sesuai jumlah anggota kelompok. Pemberian skor kelompok dihitung dengan cara membuat rata-rata skor perkembangan kelompok, yaitu dengan menjumlahkan semua skor perkembangan individu anggota kelompok dan membagi sejumlah anggota kelompok tersebut. Sebelum mengakhiri pelajaran hendaknya memberikan penghargaan kepada kelompok berdasarkan kategori atau kualifikasi perolehannya.
Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Model PISA Konten Numerik Level 1 Sampai 3 Suciati, Suciati; Subagyo, Hary Bangkit
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal model PISA konten numerik khususnya materi operasi hitung bilangan pada level 1 sampai 3 (level rendah). Penelitian dilakukan dengan teknik survey dengan subjek sebanyak 32 siswa kelas VII SMP N 10 Tarakan. Identifikasi kesalahan siswa dihimpun dengan menggunakan 24 butir tes pilihan ganda beralasan (two tier multiple choice item). Instrumen dikembangkan dengan mengacu framework literasi matematika dari PISA. Data respon peserta tes dianalisis dengan statistik deskriptif dan selanjutnya dibuat persentase dari masing-masing jenis kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara rerata capain kompetensi siswa hanya 34 % atau hanya mampu menyelsaikan 4 soal dari 12 soal yang diberikan pada masing-masing komptensi. Kesalahan yang banyak dilakukan siswa adalah kesalahan dalam menginterprestasikan simbol – simbol, grafik, tabel dalam matematika. Selain itu siswa juga kurang cermat dalam melakukan proses perhitungan
Analisis Keefektifan Penerapan Metode Question Student Have Dalam Pembelajaran IPA Uli, Sri Sunarti
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Question Student Have yang difokuskan pada peningkatan hasil belajar siswa Kelas VII MTs Negeri 2 Kabupaten Gorontalo. Subjek penelitian berjumlah 26 orang siswa terdiri dari: 11 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Prosedur penelitian tindakan kelas yang dilakukan terdiri dari: tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan evaluasi tindakan, tahap analisis dan refleksi tindakan. Hasil temuan menunjukkan bahwa penerapan metode Question Student Have dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dibuktikan dari tingkat keberhasilan tindakan dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan, yaitu mulai dari pre test nilai rata-rata mencapai 69,12 meningkat pada siklus I menjadi 74,15 kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 84,45. Sedangkan pada aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I mencapai 75,81% meningkat menjadi 81,94%. Ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 75% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 15%. Berdasarkan hasil analisis data pelaksanaan tindakan pada setiap siklus pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena seluruh aspek yang diteliti telah memenuhi indikator keberhasilan. Implikasi hasil penelitian ini adalah kerja sama yang baik antara guru dan siswa dan dapat menunjang keberhasilan penerapan metode Question Student Have dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA.
Aplikasi Metode Card Short dan Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fikih Akibun, Suriyati Abas
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan metode card short dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fikih. Subjek penelitian adalah siswa MTs Negeri 2 Kabupaten Gorontalo berjumlah 16 orang siswa terdiri dari: 6 orang siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode card sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Fikih yang dibuktikan dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada setiap siklusnya. Dari rata-rata nilai 65,94 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 7 siswa atau 43,75% pada observasi awal meningkat menjadi 72,31 dengan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan 11 siswa atau 68,75% pada siklus I, sementara pada siklus ke II ini rata-rata nilai sudah mencapai 76,95. Sedangkan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan mencapai 14 siswa atau 87,5%. Demikian halnya dengan aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu pada siklus I, aktivitas siswa memperoleh jumlah rata-rata skor 21,26 dengan kriteria baik, kemudian mengalami peningkatan jumlah rata-rata skor 25,31dengan kriteria baik pada siklus II. Metode ini terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa menjadi lebih baik dalam mengikuti pembelajaran Fikih. Selain itu, pembelajaran dengan metode Card Sort tidak hanya dapat dilakukan didalam ruang kelas saja, tetapi dapat pula dilakukan di luar ruang kelas sehingga suasana yang tercipta dapat membuat siswa lebih menikmati pelajaran yang diberikan.
Penerapan Metode Talking Stick dalam Meningkatkan Pemahaman Materi Teks Recount Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Wantu, Warni
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran Bahasa Inggris melalui penerapan metode Talking Stick pada siswa MTs Negeri 2 Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 24 orang siswa terdiri dari: 10 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode talking stick terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas yang dicapai yaitu nilai rata-rata kelas dari observasi awal sebesar 58,50 dengan kategori kurang paham, pada siklus I meningkat 7,5 yaitu menjadi 66,04 dengan kategori cukup paham. Pada siklus II kembali mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 13,38 dengan capaian 79,42 dengan kategori paham. Dengan demikian diharapkan bagi guru diharapkan agar dapat menerapkan metode Talking Stick ini sebagai alternatif atau pilihan dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran Bahasa Inggris, dan guru juga bisa menerapkan metode ini pada materi-materi yang bersifat hafalan yang mudah dicerna dan dipahami oleh siswa, agar aktivitas belajar dapat meningkat, sehingga siswa terlihat semangat untuk mengikuti proses pembelajaran.
Meningkatkan Keterampilan Berbicara (Maharah al-kalam) Melalui Metode Muhadtsah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Nalole, Darwati
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara (maharah al-kalam) pada Mata Pelajaran Bahasa Arab melalui metode muhadtsah. Subjek penelitian adalah berjumlah 20 orang siswa terdiri dari: 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode muhadtsah dalam pembelajaran Bahasa Arab, dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara yaitu mampu mengungkapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata dengan bahasa Arab. Hasil tindakan dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan, yaitu mulai dari pre test nilai rata-rata mencapai 68,83 meningkat pada siklus I menjadi 72,75 kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 83,25. Sedangkan pada aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I mencapai 75,81% meningkat menjadi 81,94%. Ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 75% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 15%. Berdasarkan hasil analisis data pelaksanaan tindakan pada setiap siklus pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena seluruh aspek yang diteliti telah memenuhi indikator keberhasilan. Oleh karena itu, guru hendaknya dapat menerapkan metode muhadtsah dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Arab di sekolah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan bahasa Arab dan pihak madrasah dapat memfasilitasi guru yang hendak melakukan inovasi pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada guru untuk menerapkan berbagai metode dalam pembelajaran Bahasa Arab.
Penerapan Metode Scramble dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks BerBahasa Inggris Wantu, Nita
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris idealnya disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan disajikan secara kontekstual, siswa tidak hanya dituntut untuk mampu secara kognitif tetapi kebutuhan perkembangan aspek afektif dan psikomotor mereka harus terpenuhi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan metode scramble dalam meningkatkan kemampuan membaca teks berbahasa Inggris. Subjek penelitian adalah siswa berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui prosedur penelitian terdiri dari: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa terdapatnya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode scramble. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi awal hanya 6 siswa atau 30% yang mampu membaca teks berbahasa Inggris dengan baik, setelah diadakan tindakan siklus I meningkat menjadi 12 siswa atau 60% yang mampu membaca teks berbahasa Inggris dengan baik. Dilanjutkan ke siklus II meningkat menjadi 17 siswa atau 85% anak yang mampu membaca teks berbahasa Inggris dengan baik. Dengan demikian metode scramble berhasil dalam kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Inggris.
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Moonti, Agustin
Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam
Publisher : Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada mata pelajaran Matematika. Subjek penelitian berjumlah 28 orang siswa terdiri dari: 8 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing yaitu pada observasi awal diperoleh data dari 28 siswa hanya terdapat 2 orang siswa atau 7,14% yang mencapai kategori baik, 12 siswa atau 42,86% yang mencapai kategori cukup, dan 14 siswa atau 50% yang mencapai kategori cukup dengan nilai rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa adalah 67,25 dan ketuntasan belajar mencapai 21,43%. Setelah diadakan tindakan siklus I meningkat yaitu dari 28 siswa sudah terdapat 23 siswa atau 82,14% berada pada kategori cukup dan 5 siswa atau 17,86% berada pada kategori baik, dengan nilai rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa adalah 75,96 dan ketuntasan belajar mencapai 46,43%. Setelah dilaksanakan tindakan siklus II kembali mengalami peningkatan berada pada kategori baik yaitu dari 28 siswa sudah terdapat 24 siswa atau 85,71% siswa mencapai kategori baik dan 4 siswa atau 14,29% dengan nilai rata-rata hasil belajar yang dicapai siswa adalah 85,04 dan ketuntasan belajar mencapai 92,86%. Implikasi penelitian ini diharapkan guru hendaknya merancang kegiatan pembelajaran yang menyenangkan, variatif, dapat memilih dan menggunakan model pembelajaran inovatif yang tepat sesuai kondisi siswa, materi/bahan ajar, fasilitas yang tersedia, dan kondisi guru itu sendiri salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing.

Page 1 of 40 | Total Record : 399


Filter by Year

2018 2025


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 2 (2025): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 7 No 1 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 4 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 3 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 2 (2024): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 6 No 1 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 4 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 3 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 2 (2023): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 5 No 1 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 4 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 3 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2022): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 4 (2021): Al-Mihnah: Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 3 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 2 (2021): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 3 No 1 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 4 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 3 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 2 (2020): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 2 No 1 (2019): Jurnal al-Minhaj Vol 1 No 4 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 3 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 2 (2019): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam More Issue