Al-Minhaj
Vol 1 No 1 (2018): Al-Minhaj : Jurnal Pendidikan Islam

Penerapan Metode Scramble dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Teks BerBahasa Inggris

Wantu, Nita (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

Pembelajaran bahasa Inggris idealnya disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan disajikan secara kontekstual, siswa tidak hanya dituntut untuk mampu secara kognitif tetapi kebutuhan perkembangan aspek afektif dan psikomotor mereka harus terpenuhi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keberhasilan metode scramble dalam meningkatkan kemampuan membaca teks berbahasa Inggris. Subjek penelitian adalah siswa berjumlah 20 siswa terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui prosedur penelitian terdiri dari: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa terdapatnya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode scramble. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi awal hanya 6 siswa atau 30% yang mampu membaca teks berbahasa Inggris dengan baik, setelah diadakan tindakan siklus I meningkat menjadi 12 siswa atau 60% yang mampu membaca teks berbahasa Inggris dengan baik. Dilanjutkan ke siklus II meningkat menjadi 17 siswa atau 85% anak yang mampu membaca teks berbahasa Inggris dengan baik. Dengan demikian metode scramble berhasil dalam kemampuan siswa dalam membaca teks berbahasa Inggris.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

alminhaj

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Al-Minhaj Jurnal Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo yang mempublikasikan tulisan ilmiah dosen, guru, mahasiswa dan peneliti. Terbit dua kali dalam satu tahun setiap 6 bulan ...