ABSTRAK Jembatan Sei Idant  berada pada jalur yang merupakan penghubung antarajalurlalu lintaskampungJengandanumdankampungIdant,Kabupaten Kutai  Barat Kalimantan  Timur.  Dimana  jembatan  ini  mempunyai  panjang bentang 30m dan lebar 9m.Pada proses pendahuluan, diawalidengan penjelasan mengenailatar belakangpemilihantipe jembatan,perumusanpermasalahannya,tujuan perencanaan, batasan masalah hingga manfaat dari dibangunnya jembatan tersebut.  Kemudian,  dijelaskan  perihal  dasar-dasar  perencanaan  dengan pedoman yangdigunakan yaitu BMS(1992)dan Perpres tahun2005 yang mengatur tentang bebanpada jembatan.Dipilihnya Jembatan Beton Bertulang pada perencanaan ini adalah dalam segi dimensi.Tahap awal perencanaan adalah perencanaan bangunan atas yang terdiridari lantai kendaraandantrotoar,gelagarmemanjangdan gelagar melintang, kemudian konstruksi pemikul utama. Analisa dilakukan setelah diketahui  beban  –  beban  yang  bekerja  pada  konstruksi  tersebut  untuk mendapatkangaya–gayadalam yangbekerja,khususnyauntuk konstruksi pemikul utama dan konstruksi sekundernya.  Setelah gaya  – gaya  tersebut diketahuibesarnyamakadilakukanperhitunganjumlahdanjarak tulanganyang diperlukanKemudianmemasuki tahapakhirdari perencanaanstruktur atas dilakukan perhitungan dimensiperletakan.Setelah selesaianalisa daristruktur atas jembatan, dilakukan analisa perencanaan struktur bawah jembatan (abutment). Batasan masalah dalam penyusunan skripsiinihanya perencanaan bangun atas jembatan Sei Idant Kutai Barat.Kata kunci :Perencanaan, Analisa, bangun atas
Copyrights © 2012