MOTIVASI
Vol 2, No 1 (2014)

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DAN SELF-ESTEEM TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONALSISWA REMAJA DI SMK NEGERI 7 SAMARINDA

., Fentty Sukistiawati Sukistiawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 May 2014

Abstract

INTISARIPenelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh metode pembelajaran brainstormingdan self-esteem terhadap kecerdasan interpersonal remaja pertengahan di SMK Negeri 7 Samarinda.Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui seberapa besar sumbangan efektifitas yang diberikan olehvariabel Brainstorming dan variabel Self-Esteem terhadap variabel kecerdasan interpersonal. Penelitianini dilakukan pada siswa remaja usia 15-18 tahun yang menjadi siswa di SMK Negeri 7 Samarinda yangtelah diterapkan metode pembelajaran brainstorming dengan jumlah sampel sebanyak 90 siswa (N=90).Alat pengumpulan data berupa kuesioner metode pembelajaran brainstorming yang terdiri dari 20 item,kuesioner self-esteem yang terdiri dari 20 item dan kuesioner kecerdasan interpersonal yang terdiri dari 20item. Analisis data dilakukan dengan korelasi analisis berganda dengan bantuan dari SPSS 13.0 ForWindows. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai korelasi antara metode pembelajaranbrainstorming dan self-esteem dengan kecerdasan interpersonal sebesar F= 37.733, R2= 0,452 dan p=0,000 (nilai p = 0,000 < 0,005).  

Copyrights © 2014